Sunday, December 2, 2018

Presiden Nigeria Bantah Isu Dia Meninggal dan Diganti Peniru dari Sudan

INDOVIRAL365 -  Presiden Nigeria Muhammadu Buhari membantah kabar yang mengatakan bahwa dirinya telah meninggal dunia dan digantikan oleh seorang penipu asal Sudan yang mirip dengan dirinya. Pernyataan Buhari itu menepis isu yang telah beredar di media-media Nigeria selama berbulan-bulan.

Isu mengenai kesehatan Buhari memang menjadi pembicaraan publik dalam negeri di Nigeria selama beberapa waktu terakhir. Pria berusia 75 tahun yang kembali mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan Februari mendatang itu diketahui telah menghabiskan lima bulan di Inggris pada 2017 untuk menjalani perawatan untuk penyakit yang masih belum diungkap ke publik.


Kondisi kesehatan sang presiden itu dimanfaatkan oleh lawan-lawan politiknya yang mendengungkan isu bahwa Buhari telah meninggal dan digantikan oleh pria Sudan bernama Jubril yang berpenampilan mirip dengan sang presiden .

Sejauh ini tidak ada bukti mengenai isu tersebut, tetapi video yang mengklaim tuduhan itu masih ditonton ribuan kali di YouTube.

“Ini benar-benar saya, saya jamin. Saya akan segera merayakan ulang tahun ke-76 saya dan saya akan tetap kuat, ”kata Buhari kepada rakyat Nigeria di Polandia di mana dia menghadiri sebuah konferensi sebagaimana dilansir Reuters, Senin (3/12/2018).

Buhari mengatakan bahwa “banyak yang berharap dia meninggal dunia selama dia sakit” dan menyebut orang-orang yang menyebarkan isu mengenai Jubril dan kematiannya sebagai orang yang bodoh dan tidak religius.

Kantor kepresidenan Nigeria telah menyebarkan komentar Buhari mengenai isu itu melalui siaran email dengan judul “It’s Real Me, President Buhari Responds to Cloning Allegation” (“Ini benar-benar saya, Presiden Buhari Merespons Tuduhan Kloning”).

0 komentar:

Post a Comment