Wednesday, November 28, 2018

Blok Rokan Beroperasi 2021, Produksi Migas RI Meningkat Jadi 60%





INDOVIRAL365 - PT Pertamina (Persero) terus menargetkan produksi minyak dan gas bumi (migas) nasional bisa mencapai 60%. Saat ini, produksi perseroan mencapai 40% migas di dalam negeri.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, target tersebut bukannya tanpa alasan. Sebab, pihaknya mendapatkan tambahan 11 Wilayah Kerja Migas yang akan dikelola oleh Pertamina.

Salah satu dari 11 WK yang akan dikelola oleh Pertamina adalah Blok Rokan. Menurut Nicke, Blok Rokan memiliki potensi yang cukup besar, sehingga Pertamina pun sangat optimis target 60% produksi migas dalam negeri bisa terealisasi.

"Dari sisi upstream, tambahan 11 Wilayah Kerja dialihkan ke Pertamina. Kita akan tingkatkan kontribusi upstream migas. Dari 2014 hanya 19% hari ini 40% produksi nasional diproduksi Pertamina. Dan 2021 ketika Rokan sudah kita operasikan akan meningkat jadi 60%," ujarnya dalam saat ditemui di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Nicke menambahkan, dalam 10 tahun ke depan pihaknya juga akan meningkatkan kapasitas kilang hingga mencapai 2 juta barel per hari. Pasalnya, pembangunan 6 kilang dedamg dalam tempo pengembangan 10 tahun ke depan.

"Untuk 8-10 tahun ke depan, Pertamina tingkatkan kapasitas kilang dari awalnya instrospeksi capacity hanya 1 juta barel per hari kita tingkatkan menjadi 2 juta barel per hari dengan pembangunan 6 kilang," jelasnya.

Salah satu yang akan dibangun adalah Kilang Balikpapan. Kilang ini nantinya akan memiliki kapasitas sebesar 350 ribu barel per hari.

Menurut Nicke, dengan adanya peningkatan kapasitas produksi ini diyakini bisa menekan angka impor migas yang masih cukup tinggi. Seperti diketahui, saat ini sebanyak 35-40% BBM berasal dari impor.

"Kilang Pertamina dalam waktu dekat akan dibangun yang pertama Kilang Balikpapan dengan kapasitas 359 ribu barel per hari. Dengan support bersama kita akan segera tanda tangan kontrak, dan akan mulai pekerjaan awal tahun depan Insy Allah," jelasnya.

0 komentar:

Post a Comment