Saturday, June 9, 2018

Ribuan warga pinggir hutan Perhutanan Sosial siap menangkan Gus Ipul


INDOVIRAL.COM -
Ribuan warga pinggir hutan yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH) Perhutanan Sosial dari seluruh Jawa Timur mendeklarasikan dukungan bagi pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Dukungan bagi pasangan calon gubernur/wakil gubernur nomor urut dua ini mereka sampaikan ketika mereka menggelar silaturahmi dengan Gus Ipul di Almas Resto Mojokerto, Sabtu (9/6) malam.

Sujarno koordinator KTH wilayah Jember mengatakan dukungan diberikan karena selama 10 tahun menjadi wakil gubernur, Gus Ipul selalu bersama warga pinggir hutan.

"Gus Ipul tidak hanya pas mau nyalon, tapi selama menjabat wakil gubernur terbukti tidak sekadar janji karena mau nyalon," kata Sujarno di sela-sela deklarasi.

Menurut dia, Gus Ipul selama ini berkomitmen dan bisa diajak membangun Jawa Timur dari pinggiran, salah satunya melalui program Perhutanan Sosial, sebuah program yang bertujuan untuk melakukan pemerataan ekonomi dan mengurangi ketimpangan ekonomi.

Perhutanan Sosial juga menjadi benda legal untuk masyarakat di sekitar kawasan hutan untuk mengelola kawasan hutan negara seluas 200 ribu hektar di Jawa Timur yang dialokasikan untuk perhutanan sosial.

Sementara itu, dalam kesempatan di hadapan ribuan warga pinggiran hutan, Gus Ipul juga menekankan kembali komitmennya untuk mempercepat kesejahteraan warga pinggiran hutan.

"Selama ini warga pinggir hutan terpinggirkan. Ke depan akses untuk mereka harus dibuka sehingga bisa merasakan pembangunan sama dengan warga daerah lain," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul menjanjikan akan memfasilitasi gerakkan perhutanan sosial diantaranya dengan percepatan gerakkan perhutanan sosial.

Memberikan perlindungan pada petani hutan dan proses penggunaan lahan. Serta Memberikan penguatan kapasitas perhutanan termasuk penguatan koperasi.

"Kami juga akan mendukung kegiatan kemitraan kehutanan sosial termasuk di dalamnya pembiayaan pasca panen, pengembangan usaha dan akses pasar," kata Gus Ipul.

Sementara itu dengan dukungan ini berarti pendukung masyarakat pinggir hutan bagi Gus Ipul telah lengkap. Sebelumnya masyarakat pinggir hutan yang tergabung di LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) dari seluruh wilayah di Jawa Timur juga telah menyatakan dukungan dan siap bergerak untuk memenangkan Gus Ipul-Mbak Puti.

0 komentar:

Post a Comment