Tuesday, June 5, 2018

Rawan Kecelakaan, Kapolri Imbau Warga Tak Gunakan Motor untuk Mudik

 INDOVIRAL365.COM - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengimbau seluruh masyarakat yang hendak mudik saat hari raya Idul Fitri 1439 H untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor saat pulang ke kampung halamannya.
Menurut jenderal polisi bintang empat itu, sepeda motor merupakan salah satu moda transportasi yang masih digemari warga untuk mudik. Tetapi, berdasarkan data, kata dia, kendaraan roda dua merupakan saran yang paling tinggi angka kecelakaannya.

"Kami mendorong arus mudik agar masyarakat tidak menggunakan roda dua. Karena roda dua lebih rawan angka kecelakaan," kata Tito usai menggelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (6/5/2018).
Berdasarkan data yang dihimpun, pada tahun 2017, setidaknya angka kecelakaan roda dua terjadi sebanyak 71 persen dengan rerata korban terbanyak di usia produktif.
Tito melanjutkan, solusi untuk mengurangi pemudik motor adalah dengan program "Mudik Bersama". Oleh karenanya, dia mendorong instansi pemerintah dan perusahaan bisa membuat program tersebut untuk masyarakat.
"Kami harapkan dari BUMN dan dari perusahaan juga buat giat mudik bersama lebih banyak sehingga tidak menggunakan kendaraan yang rawan seperti roda dua," ucap Tito.
Menjelang hari raya Idul Fitri, aparat kepolisian telah menyiapkan Operasi Ketupat untuk menciptakan keamanan untuk masyarakat. Kegiatan itu akan berlangsung selama 18 hari sejak 7 sampai 24 Juni 2018.
Operasi Ketupat sendiri melibatkan aparat TNI dan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. Setidaknya 177 ribu personel dikerahkan untuk mengamankan hari kemenangan ini.

0 komentar:

Post a Comment