Thursday, June 7, 2018

Mudik Gunakan Bus Tingkat dengan Fasilitas Mewah, Berapa Harganya?


INDOVIRAL365.COM -
Bersaing dengan moda transportasi seperti pesawat dan kereta api. Perusahaan bus antara daerah akan menawarkan perjalanan mudik dengan armada bus tingkatnya.

Tak hanya tinggi, bus ini juga menawarkan kemewahan sama ketika penumpang berada di kelas bisnis pesawat terbang. Seperti yang dilakukan Perusahaan Otobus PT SAN Putra Sejahtera yang menawarkan kelas elegant dengan kemewahan yang sama saat berada di kelas bisnis pesawat.

Menurut Kurnia Lesani Adnan, pemilik PO SAN, fasilitas mewah layaknya berada di kabin pesawat kelas bisnis kini bisa dinikmati penumpang bus, namun dengan harga tiket yang jauh lebih murah dari pesawat.

 "Jok untuk kelas elegant kami rancang sama dengan model yang digunakan maskapai penerbangan untuk kelas bisnis. Jok memiliki pengaturan elektrik," jelas Sani, kepada Okezone (6/6/2018).

Menghadapi musim lebaran tahun ini, 4 unit mobil double decker Putera Mulya dengan tujuan Pondok Pinang - Wonogiri, Bogor - Semarang - Kartosuro - Jogyakarta. Untuk mendapatkan fasilita mewah tersebut, harga tiket paling mahal musim mudik tahun ini dibanderol Rp550 ribu.


"Tahun ini tiket paling mahal Putera Mulya untuk kelas elegant dijual dengan harga sekira Rp550 ribu," papar Sani.




Berbeda dengan Sinar Jaya yang mengaku dua unit bus Double Decker yang melayani rute Kampung Rambutan - Pekalongan. Meski tidak memiliki kelas mewah, namun PO Bus ini selalu dipenuhi penumpangnya.

"Kita memang tidak memiliki kelas mewah, namun dua unit bus tingkat kita selalu penuh diminati konsumennya," ungkap Eko Yulianto, Penanggung Jawab marketing Sinar Jaya.

Eko menambahkan harga tiket tertinggi tahun ini Rp300 ribu untuk tujuan Pekalongan dengan harga normal Rp150 ribu di hari biasa. Dirinya menyebut, Sinar Jaya tidak akan membuat armada bus tingkatnya dengan fasilitas kemewahan karena market pasar yang dituju kalangan menengah ke bawah.

"Kita belom ada rencana bikin bus mewah, karena target penumpang kita menengah kebawah," pungkasnya.

Bus Double Decker saat ini telah menjadi gengsi bagi perusahaan bus, meski terbilang mahal mengingat untuk harga satu bus termasuk sasis dan karoseri, perusahaan bus harus mengeluarkan dana sekira Rp3,5 miliar untuk satu unit.

0 komentar:

Post a Comment