Friday, June 1, 2018

Minum Susu Segar Langsung dari Sumbernya, Bolehkah?


INDOVIRAL365.COM -
minum susu memang merupakan yang mengasyikkan bagi sebagian orang. Banyak orang yang tak bisa lepas dari susu dan selalu ingin mengonsumsinya setiap pagi.
Susu putih tawar menjadi menu favorit sebagian masyarakat untuk sarapan, sementara sebagian lainnya memilih untuk mengonsumsi susu dengan aneka rasa. Namun, bagaimana jadinya jika Anda mengonsumsi susu langsung dari peternakan tanpa melewati proses pengolahan? Apakah susu tersebut sehat?

Ya, dalam artikel ini Okezone akan mengungkap fakta menarik di balik susu. Menyadur dari laman Livestrong, Jumat (31/5/2018). Jika meminum segelas susu yang langsung diambil dari sapi, maka Anda tidak sendirian, nyatanya sebanyak 100 ribu orang California memiliki kebiasaan meminum susu secara langsung tanpa melewati proses pasterurisasi. Meski demikian, bukan berarti hal itu aman. Ada dampak negatif dan positif dari kebiasaan tersebut.
Susu yang langsung dikonsumsi disebut susu mentah. Susu tersebut memiliki beberapa hal positif seperti pengendalian dan pencegahan penyakit atau CDC. Para pencinta susu menganggap proses pasteurisasi bisa menghancurkan susu yang kaya akan nutrisi.
Sekira 20 persen dari kandungan vitamin C dan 10 persen kandungan vitamin B1 hilang secara pasteurisasi. Proses tersebut juga dapat menghancurkan enzim dan bakteri baik yang membantu pencernaan dan dapat menyembuhkan usus kronis.
Kenyataanya susu mentah juga memiliki resiko yang berbahaya bagi kesehatan. Susu mentah dan tidak dipasteurisasi kemungkinan besar mengandung bakteri E. coli, listeria dan salmonella yang dapat menyebabkan penyakit usus. Pada kasus yang lebih parah, bakteri ini bisa menyebabkan penyakit yang fatal.
Lebih dari 800 orang di Amerika Serikat telah sakit karena meminum produk susu yang tidak dipasteurisasi sejak 1998. Menurut CDC, listeria bisa menyebabkan keguguran, kematian janin dan mempengaruhi berat badan bayi yang baru lahir. Beberapa gejala lainnya adalah muntah, diare yang mengandung darah dan lendir, sakit perut, demam dan beberapa penyakit seperti flu.
Bagi Anda yang penasaran ingin memerah dan mencoba meminum susu sapi secara langsung, bisa datang ke peternakan sapi perah di dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan dan Desa Oro-oro Ombo. Di sini Anda tidak hanya menyaksikan bagaimana para peternak memerah susu, Anda juga bisa praktek untuk memerah susu sendiri, tentunya sambil diberi arahan oleh peternak setempat.

0 komentar:

Post a Comment