Saturday, June 16, 2018

Menko Darmin: Pilkada Sumbang 0,1% Pertumbuhan Ekonomi


INDOVIRAL365.COM
- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai, pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun ini setidaknya akan menyumbang pertumbuhan ekonomi RI sebesar 0,1%.

"Saya selalu positif terhadap perkembang ekonomi, apalagi bahwa nanti Juni akan ada Pilkada dari 115 kabupaten dan 17 provinsi ini," ujarnya dalam acara open house di rumah dinasnya, Jakarta, Sabtu (16/6/2018).

Pilkada akan mendorong daya beli untuk kebutuhan atribut kampanye seperti baliho hingga kaos. "Biasanya kalau Pilkada seperti itu, kita ini salah satu yang terbesar yah. Mungkin kita berharap dia akan naikkan pertumbuhan ekonomi sekitar 0,1%," katanya.

Tak hanya itu, ajang Asian Games yang akan berlangsung pada Agustus ini akan turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Pasalnya, konsumsi juga akan dilakukan wisawatan mancanegara sehingga dapat meningkatkan belanja dan pendapatan nasional.

"Tapi ada Asian Games yang juga akan bawa keramaian. Ini kan juga buat orang belanja, orang luar negeri juga. Ini akan perbaiki keadaan serta mempengaruhi pertumbuhan," jelas dia.

Sementara itu, momen Lebaran tahun ini juga akan meningkatkan konsumsi, terlebih masyarakat punya tradisi untuk pulang ke kampung halaman. Namun menurutnya, secara tahunan, saat lebaran konsumsi yang dilakukan tidak pengaruhi pertumbuhan ekonomi secara signifikan.

Dengan adanya hal tersebut, Darmin menyatakan optimistis pertumbuhan ekonomi masih berada di kisaran 5,4% hingga penghujung 2018.

"Kalau beberapa lembaga internasional menurunkan target pertumbuhan ekonomi Indonesia jadi 5,3%, saya kok masih melihat angka 5,4% itu masih ok," pungkasnya.

0 komentar:

Post a Comment