Friday, June 8, 2018

Libur Lebaran, Sistem Ganjil-Genap di Jakarta Tak Diberlakukan


INDOVIRAL365.COM -
Sistem ganjil-genap bagi kendaran yang melintas di sepanjang Jalan MH Thamrin-Sudirman-Gatot Subroto, Jakarta tidak diberlakukan selama libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Sistem ganjil genap di jalan protokol itu mulai ditiadakan terhitung sejak berlakunya cuti bersama Lebaran 2018.

Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto menyampaikan, sistem ganjil-genap ditiadakan sementara mulai Senin 11 Juni hingga Rabu 20 Juni. "Selama libur atau cuti bersama Idul Fitri, ganjil-genap Sudirman-Thamrin-Gatot Subroto tidak diberlakukan," katanya dalam keterangan tertulisnya yang diterima Okezone, Sabtu (9/6/2018).

Budiyanto menjelaskan pembebasan sementara pelat nomor kendaraan itu sudah sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 164 tahun 2016 Pasal 3 ayat 2, dan hasil koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) serta DKI Jakarta.

"Bahwa hari libur atau cuti bersama Idul Fitri 2018 termasuk libur nasional maka pembatasan lalu lintas ganjil-genap selama libur atau cuti bersama, tanggal 11 Juni sampai dengan 20 Juni 2018, tidak diberlakukan," ujarnya.

Saat liburan Idul Fitri, lalu lintas sejumlah ruas jalan di Ibu Kota lebih lancar dibanding hari biasa karena banyak warga mudik ke kampung halaman. Jalan-jalan akan kembali macet dan padat setelah pemudik kembali.

Budiyanto meminta agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat berkendara, meski Jakarta mulai lancar karena mulai banyak warga Jakarta yang pulang ke kampung halaman.

0 komentar:

Post a Comment