Monday, June 4, 2018

Korban Tewas Letusan Gunung Berapi Guatemala Bertambah Menjadi 62 Orang

INDOVIRAL365.COM - Jumlah korban tewas dalam musibah letusan gunung berapi Fuego atau Vulcan de Fuego di Guatemala dilaporkan telah melonjak menjadi sedikitnya 62 orang. Ribuan orang juga terpaksa melarikan diri dari tempat tinggal mereka akibat letusan dahsyat itu.
Letusan yang terjadi Minggu, diikuti dengan sebuah gempa berkekuatan 5,2 skala Richter (SR) yang tercatat terjadi di 105 kilometer selatan dari Distrik Champerino di sepanjang pantai selatan Guatemala. Berdasarkan informasi dari Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa tersebut berpusat di laut di dekat palung laut yang dikenal sebagai pinggiran lempengan Amerika Tengah.
Belum diketahui apakah gempa itu menimbulkan korban atau kerusakan pada rumah dan bangunan di daratan.
Gempa itu terjadi di saat letusan terdengar dari gunung berapi Fuego sepanjang Senin, menutupi pemukiman sekitarnya dengan debu dan batuan vulkanis. Sedikitnya 62 orang dikhawatirkan tewas akibat letusan terdahsyat Fuego sejak 1970-an.
Diwartakan RT, Selasa (5/6/2018), Presiden Guatemala, Jimmy Morales telah mengumumkan keadaan darurat sebagai respons atas bencana ini.
"Kami memiliki 1.200 orang yang melakukan penyelamatan," kata Morales kepada media pada Senin. “Sekali lagi kami menyerukan kepada semua orang untuk tidak membagikan informasi palsu. Jangan berspekulasi karena itu hanya mempersulit situasi lebih jauh lagi. ”

0 komentar:

Post a Comment