Saturday, June 16, 2018

Kebakaran Landa Sekolah Seni Ternama di Glasgow, Tak Ada Korban



INDOVIRAL365.COM -
Kebakaran besar merusak salah satu permata bangunan Skotlandia, gedung Mackintosh di Sekolah Seni Glasgow, untuk kedua kali dalam empat tahun.

Lebih dari 120 petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api pada malam hari saat kebakaran memusnahkan gedung itu, yang dibangun pada 1909, dan menyebar ke teater serta klab malam di dekatnya. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

"Tingkat kerusakannya sangat parah," kata Peter Heath, wakil asisten kepala petugas Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Skotlandia, kepada wartawan di tempat kejadian di pusat kota Glasgow pada Sabtu (16/6/2018).

Api menjalar dari lantai dasar hingga ke atap, katanya.

Pada pagi hari, api terkendali, tetapi asap masih naik dari gedung ketika petugas pemadam kebakaran menyemprot gedung itu dari tangga tinggi. Heath mengatakan, teater masih terbakar dan atapnya sebagian telah runtuh, tetapi api tidak lagi menyebar.

Bangunan Mackintosh telah dibuka kembali untuk tahun depan setelah jutaan poundsterling digelontorkan dalam pekerjaan restorasi menyusul kebakaran pada Mei 2014.

"Pikiran pertama saya malam ini adalah untuk keselamatan orang - tetapi hati saya juga bersedih untuk Sekolah Seni Glasgow yang tercinta," kata Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon di Twitter.

Bangunan Mackintosh dinamai sesuai dengan arsiteknya, Charles Rennie Mackintosh, perancang paling berpengaruh di Skotlandia.

Laman web Sekolah Seni Glasgow mengatakan bangunan tersebut "mempersembahkan kelahiran gaya baru dalam arsitektur Eropa abad ke-20".

Heath mengatakan awak pemadam kebakaran dipanggil sekitar 20 menit sebelum tengah malam pada Jumat, dan pada saat mereka tiba api sudah menyebar ke seluruh bangunan.

Daerah itu dengan cepat dievakuasi dan ditutup, dan tetap tidak dapat diakses oleh publik pada Sabtu pagi.

"Itu kerugian besar bagi Glasgow, betul-betul menghancurkan," kata Heath.

0 komentar:

Post a Comment