Friday, June 8, 2018

ESDM: Berdasarkan laporan PLN, pasokan listrik untuk Lebaran kondisi normal


INDOVIRAL365.COM - 
Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan keamanan pasokan listrik jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H atau 2018 dengan melakukan pemantauan langsung ke infrastruktur pasokan listrik.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Andy Noorsaman Sommeng mengatakan, pihaknya telah melakukan kunjungan lapangan ke Area Pengaturan Baban (APB) Jakarta-Banten di Cawang dan Pusat Pengatur Beban Jawa Bali (P2B JB), di Gandul, Cinere, Depok.

"Berdasarkan laporan dari PT PLN (Persero), kondisi pasokan tenaga listrik pada Sistem Jawa-Bali pada saat Idul Fitri berada pada kondisi Normal," kata Andy, di P2BJB Gandul, Depok, Jumat (8/6).

Sebelumnya, Tim Ditjen Ketenagalistrikan telah melakukan kunjungan kerja ke Makassar pada 6 Juni 2018 untuk memantau kesiapan pasokan listrik Wilayah Sulselrabar dan PT PLN (Persero) Pembangkitan dan Penyaluran Sulawesi. Pada hari yang sama, Tim Ditjen Ketenagalistrikan yang lain juga ke Unit Pengatur Beban Pusat Penyaluran dan Pengaturan Beban (P3B) Sumatera dan PLTG Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan di Medan.

Tim juga memantau kesiapan pasokan listrik di Gresik, Jawa Timur, tanggal 7 Juni 2018 di PT Pembangkit Jawa Bali Unit Pembangkitan Gresik (PT PJB UP Gresik) yang mengoperasikan PLTG, PLTGU dan PLTU Gresik, serta APB Gresik.

Tim pun merencanakan untuk melakukan kunjungan lapangan ke Area Pengatur dan Penyaluran Beban (AP2B) Sistem Kalselteng dan PLTU Asam-asam pada 11-12 Juni 2018, ke P3B Sumatera dan PLTU Tenayan di Riau tanggal 11 12 Juni 2018, serta ke PLTGU Muara Karang dan Area Pengaturan Distribusi (APD) Gambir tanggal 13 Juni 2018.

Berdasarkan pengalaman selama ini, beban puncak pada saat Idul Fitri umumnya lebih rendah dibandingkan dengan beban puncak pada kondisi hari kerja. Proyeksi secara nasional berkurang sekitar 10-20 persen dan untuk Jawa Bali berkurang sekitar 30 persen.

"Hal ini dikarenakan pada hari tersebut industri yang mengkonsumsi tenaga listrik yang sangat besar dan perkantoran berhenti beroperasi atau libur," tandasnya.

0 komentar:

Post a Comment