Wednesday, June 20, 2018

Besok, Jokowi Resmikan Jalan Tol Gempol-Pasuruan Seksi 2



Indoviral365.com - Beberapa hari pasca-Lebaran Idul Fitri, satu lagi jalan tol siap diresmikan. Kali ini giliran jalan tol Gempol-Pasuruan seksi 2 yakni ruas Rembang-Pasuruan yang akan diresmikan.

Seperti diketahui, ruas tol sepanjang 6,6 kilometer (km) itu akan diresmikan pada esok hari, Jumat 22 Juni 2018. Rencananya, jalan tol tersebut akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono mengatakan, guna mendampingi orang nomor satu di Indonesia untuk meresmikan jalan tol Gempol-Pasuruan seksi 2 tersebut, dirinya akan terbang menuju Pasuruan pada sore nanti. Setelah itu pada siang harinya, dirinya mendampingi Presiden Jokowi meresmikan jalan tol yang dioperasikan oleh PT Jasa Marga itu.

"Besok siang (diresmikan). Jadi nanti sore saya ke sana (Pasuruan). Ini kebetulan beliau ke Pasuruan terus ke Bali, dan beliau mau meresmikan," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (21/6/2018).

Selain jalan tol Gempol-Pasuruan, ada sekitar tiga jalan tol lagi yang siap diresmikan. Ketiga jalan tol tersebut yakni jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi 1 (Tanjung Morawa- Parbarakan) sepanjang 10,75 Kilometer (KM), Pemalang-Batang ruas (Brexit-Pemalang) sepanjang 37,3 km, Kertasura-Sragen sepanjang 35,2 km dan Gempol-Pasuruan seksi 2.

"Kan ada 4 sebetulnya yang mau diresmikan. Ada Medan, Pemalang-Batang, Kertasura-Sragen dan Gempol Pasuruan," jelasnya.

Sebagai informasi, Tol Gempol-Pasuruan sendiri dirancang sepanjang 34,15 kilometer yang menghubungkan daerah Gempol dan Kota Pasuruan.

Jalan tol ini merupakan bagian dari jalan tol yang menghubungkan antar kota utama di Jawa Timur yaitu Surabaya-Banyuwangi. Adapun total investasi untuk membangun proyek Tol Gempol-Pasuruan ini diperkirakan mencapai Rp 4,03 triliun, dengan PT Jasa Marga Gempol Pasuruan sebagai pemegang konsesi.

Dalam Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tersebut, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memegang porsi saham mayoritas sebesar 80% dan 20% sisanya dimiliki oleh PT Jatim Marga Utama.

0 komentar:

Post a Comment