Thursday, May 10, 2018

Polri Pastikan Semua Penghuni Rutan Mako Brimob Termasuk Ahok Aman



INDOVIRAL365
- Rumah tahanan (Rutan), Mako Brimob, hari ini dipastikan sudah kembali aman terkendali. Hal itu pasca-terjadinya kerusuhan antara narapidana kasus terorisme (napiter) dengan sejumlah anggota Polri di lokasi tersebut.


Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri Brigjen M Iqbal mengatakan, kondisi Mako Brimob saat ini sudah aman terkendali. Bahkan para tahanan lain yang berada di Rutan Mako Brimob dalam kondisi aman, termasuk Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai penghuni Rutan tersebut.
"Jadi, yang jelas para tahanan tidak ada yang terganggu. Di komplek tersebut, semua tahanan semua aman," ujar Iqbal kepada wartawan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Kamis (10/5/2018).
Iqbal menegaskan, kerusuhan itu, terjadi pada blok A, B dan C yang menampung para napiter. Sementara untuk blok lainnya dipastikan aman termasuk blok yang dihuni Ahok yang merupakan mantan Bupati Belitung Timur dan para narapidana lainnya.



Sebagaimana diketahui, sebanyak 155 napiter telah dievakuasi ke Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Para napiter itu mulai diangkut pada pagi tadi dengan pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Polisi juga telah menyiapkan jalur khusus agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.





Proses evakuasi dilakukan setalah tim negosiasi berhasil membujuk para napiter. Awalnya ada 145 napiter yang menyerahkan diri, sementara 10 napiter lainnya masih keras kepala tidak mau tunduk terhadap polisi. Akan tetapi, setelah petugas masuk ke Rutan menggunakan metode pendekatan, 10 napiter lainnya akhirnya takluk.






0 komentar:

Post a Comment