Friday, May 25, 2018

Polisi Terapkan UU Perlindungan Anak untuk ABG Pengancam Jokowi


INDOVIRAL365 - Polda Metro Jaya memastikan, RJ alias S (16), ABG yang mengancam akan membunuh Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap diproses hukum. Namun, polisi menerapkan atau mengacu pada Undang-Undang Perlindungan Anak untuk memproses RJ.

"Jadi yang bersangkutan ternyata adalah seorang anak umur 16 tahun yang kemudian berkaitan dengan anak tentunya untuk mendapatkan suatu kejahatan, atau tindak pidana acuannya adalah UU perlindungan anak dan UU Sistem Peradilan Anak," kata Kabid Humas Pol‎da Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, Jumat (25/5/2018).Menurut Argo, jika mengacu pada Pasal 32 ayat 2 Undang-Undang tentang Perlindungan Anak, penahanan hanya dapat dilakukan jika sang anak telah berumur 14 tahun ke atas. Serta, pelaku hanya dapat ditahan jika ancaman pidana terhadap anak tersebut lebih dari tujuh tahun penjara.

Pihak Polda Metro Jaya sendiri telah menitipkan RJ ke Panti Sosial Marsudi Putra Handayani, Bambu Apus, Jakarta Timur. Kata Argo, tempat tersebut diperuntukkan anak-anak yang tersandung masalah hokum."Jadi kita tempatkan disana sebagai anak yang berhadapan dengan hukum. Jadi saya sampaikan, kasus tetap kita proses dan anak ditempatkan di tempat anak yang berhadapan dengan hukum di daerah Cipayung itu," terang Argo.

0 komentar:

Post a Comment