Thursday, May 17, 2018

Catatan Kondisi Jalur Jawa Barat Jelang Arus Mudik


INDOVIRAL365 - Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) diprediksi akan mengalami kepadatan saat memasuki arus mudik Lebaran 1439 H. Hal itu disampaikan Kapolda Jawa Barat (Jabar), Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

"Bisa dipastikan akan terjadi kepadatan di Tol Cipali," kata Agung, Selasa (17/5/2018).

Kendati, sambung Agung, dari informasi Dinas Pekerjaan Umum (PU) sudah dapat dilalui hingga dengan daerah Pemalang, namun kepadatan akan tetap terjadi jika masyarakat berangkat di waktu yang sama.


"Karenakan Informasi dari PU kan sudah bisa sampai Pemalang. Jadi, memang dari sisi aspek bisa sangat membantu tapi kalau berangkatnya bersama-sama itu yang jadi masalah," terangnya.

Sementara untuk jalur selatan Jabar sendiri, Agung mengatakan hingga dengan saat ini, untuk memecah kemacetan di jalur itu saat arus mudik berlangsung, masih menggunakan cara manual (dengan buka tutup).


Pasalnya, kondisi dan kontur jalan di jalur selatan, tidak dapat dilakukan pelebaran jalan. Kondisi pegunungan dan lembahan menjadi faktor utamanya.

"Selatan tidak mungkin ada pelebaran jalan karenakan sebelah kanan gunung sebelah kiri jurang, pasti terjadi kepadatan di Nagreg. Itu masih manual caranya karena tidak ada cara lain," katanya.

Untuk infrastruktur sendiri, Agung mengatakan, masih ada perbaikan-perbaikan di beberapa titik di ruas jalan di Jabar. Namun, diharapkan 10 hari sebelum arus mudik berlangsung, perbaikan infrastruktur jalanan di Jabar sudah selesai.

"Kemarin, saya baru pulang dari arah Purwakarta juga masih ada perbaikan. Harapannya H-10 perbaikan sudah selesai semua, sehingga masyarakat bisa menggunakan dengan baik," jelasnya.

0 komentar:

Post a Comment